Informasi Wisata

ABSTRAK
Perkembangan pariwisata di kabupaten Lamongan menjadi salah satu parameter keberhasilan Lamongan sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, keberhasilan lain juga dapat dilihat dari berbagai penghargaan wisata baik tingkat Regional maupun Nasional, bertambahnya wisatawan di kabupaten Lamongan meningkatkan lalu lintas dan kebutuhan informasi dan panduan perjalanan wisata, disebabkan banyaknya calon wisatawan maupun wisatawan yang kesulitan dalam melakukan perjalanan wisata ke Lamongan sehingga
perjalanannya kurang mudah dan kurang nyaman.
Ini menjadi media informasi perjalanan dan wisata bagi wisatawan yang
memberikan informasi, panduan dan memudahkan perjalanan wisata ke kabupaten Lamongan serta dapat menjadi rekomendasi bagi calon wisatawan lain.
ABSTRACT
Tourism Development in Lamongan becomes one of parameter success of Lamongan as one of tourism destintions in East Java, other success come from various tourism awards from Regional and also Nasional, increasing of tourist in Lamongan increased traffic and requirement of information and tourism travel guidance, caused the many tourist which difficulty in tourism travel to Lamongan so that not easy and not comfortable in tourism travel.
This is becomes travel and tourism information media for tourist which giving
information, guidance and facilitates tourism travel to Lamongan and can become recommendation for other tourist.

Jawa Timur adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki destinasi pariwisata domestik maupun internasional, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata dan sedang berkembang adalah kabupaten Lamongan, Obyek wisata Lamongan dapat dikategorikan menjadi empat jenis antara lain: Wisata alam, wisata seni dan budaya, wisata religi serta wisata buatan, sedangkan menurut prioritas pengembangan dibedakan dalam dua jenis yaitu : wisata unggulan dan wisata alternatif, beberapa tempat wisata andalan kabupaten Lamongan antara lain : Waduk gondang, Makam Sunan Sendang,  Makam dan Museum Sunan Drajat, Maharani dan Zoo Lamongan, Wisata Bahari Lamongan, dan ada beberapa wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi dan murah meriah seperti TPI Brondong, Monumen Perjuangan Kadet Seowoko, Monumen Van der Wijk, Rest Area dan  Pantai Penanjan dan Rest Area Monumen Bandeng Lele di kota Lamongan.
Meningkatnya jumlah wisatawan setelah diresmikannya WBL dan ditambah Mazoola (Maharani zoo dan goa Lamongan) sebagai primadona tempat wisata baru dapat meningkatkan wisatawan, jumlah wisatawan yang berkunjung di 4 obyek wisata antara lain Museum Sunan Drajat, Wisata Bahari Lamongan, Goa Maharani dan Waduk Gondang pada tahun 2006 mencapai 1.786.000 dan pada tahun 2007 meningkat hingga 1.800.000 wisatawan, dan pada bulan Juni tahun 2008 tercatat 882.847 orang pengunjung dan masih berpotensi meningkat saat liburan Lebaran. Dari pariwisata kabupaten Lamongan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 9 miliar rupiah pada tahun 2007 dan ditahun 2008 pemerintah kabupaten Lamongan menargetkan
Pendapatan Asli Daerah sebesar 9,446 miliar rupiah.

Potensi wisata kabupaten Lamongan juga dapat di lihat dari beberapa penghargaan dalam bidang pariwisata yang diraih, antara lain : The Best Achievment Awards dalam Anugrah Wisata Jatim 2007, pada tahun 2008 mendapatkan Penghargaan bidang pariwisata dari gubernur Jatim atas keberhasilan pembangunan dan pengembangan kepariwisataan daerah dan pada tahun yang sama mendapatkan perhargaan Best Ten Tourism Development 2008.
Potensi wisata kabupaten Lamongan  terutama bagi wisatawan domestik sangat populer bagi masyarakat diluar kabupaten Lamongan, sehingga banyak calon wisatawan yang penasaran untuk mencoba berwisata dan liburan di Lamongan, namun kabupaten Lamongan yang memiliki potensi besar dalam pengembangan destinasi wisata yang ramai dan bertaraf nasional dan dapat di sejajarkan dengan wisata di Bali dan Jakarta, banyaknya wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Lamongan menciptakan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah informasi dan panduan dalam perjalanan ke Kabupaten Lamongan maupun perjalanan wisata di Kabupaten Lamongan. Kebutuhan informasi perjalanan wisata yang kurang serta informasi
pendukung wisata kadang juga membingungkan calon wisatawan, seperti harga tiket dan estimasi biaya perjalanan yang ingin diketahui wisatawan maupun calon wisatawan.

One thought on “Informasi Wisata

  1. daya dukung kawasan yang sangat berpotensi sebagai kawasan pariwisata cukup banyak tersedia namun kurangnya perencanaan yang maksimal serta promosi menurut saya obyek wisata yang ada dan terkenal di lamongan ini hanya wbl dan maharani zoo saja. harapannya penulis dari blog ini yaitu menulis tentang sejarah lainnya yang ada di lamongan. misalnya sejarah petilasan jaka tingkir, sejarah air panas brumbun, dll. sehingga bisa dijadikan referensi bagi pembaca yang lain untuk membuat jalur interpretasi wisata sejarah atau yang lainnya. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s